Microsoft Rilis Laptop Murah Pesaing Chromebook

Posted on

Microsoft meluncurkan produk baru namanya Surface Netbook Go, yang disebut salah satunya piranti Surface pada harga termurah. Surface Netbook Go dipasarkan pada harga USD 549, cuman kalah murah dibandingkan Surface Go 2 yang harga USD 399. Disaksikan dari sisi design, Surface Netbook Go nampaknya membidik pasar pemakai Chromebook.

Sama dengan Surface Go 2, ada banyak elemen yang dikorbankan di Surface Netbook Go. Supaya harga dapat tambah murah, demikian diambil detikINET dari The Verge, Jumat (2/10/2020). Di luar, Surface Netbook Go nampak sama juga dengan seri Surface lain. Tetapi dengan body yang nampak bertambah kecil dan bertambah mudah. Monitornya 12,4 inch (Surface Netbook 3 monitornya 13,5 inch), tetapi dengan resolusi yang makin kecilf, yakni 1536 x 1024 piksel dengan rasio 3:2.

Beratnya juga cuman 2,45 pon atau 1,1 kg, bertambah mudah dari MacBook Air serta umumnya Chromebook dan umumnya netbook Windows di kelas harga ini. Walau kecil serta mudah, keyboardnya masih punyai travel 1,3mm serta trekpad Windows Precision yang besar.

Tetapi tidak seperti Surface Go, Surface Netbook Go diperlengkapi processor beneran

Yakni Intel Core i5 gen ke-10 (1035G1), bukan Intel Pentium Gold sama seperti yang berada di Surface Go. Sayangnya, pengurangan detail justru berlangsung di kemampuan RAM yang cuman 4GB dan pilihan storage, yakni chip eMMC 64GB. Kedua-duanya dapat disebut ialah elemen penting untuk netbook Windows pada tahun 2020 ini.

Permasalahannya, ada netbook Windows dengan kelas harga yang serupa memiliki RAM 8GB serta storage SSD 512GB, serta monitornya juga semakin besar, 15 inch 1080. Yakni Acer Aspire 3.

Masalah port, ada satu USB-C serta satu USB-A, dan port audio 3,5mm serta port charging Surface Connect. Webcamnya punyai resolusi 720p tetapi tidak cocok dengan Windows Hello, yang diganti dengan sensor sidik jemari yang bersatu dengan tombol power (tidak ada di variasi paling murah).

Koneksi nirkabelnya dibantu WiFi 6, serta batereinya dapat diisi dari kosong sampai 80% dalam tempo satu jam. Netbooknya sendiri mulai dikapalkan pada 13 Oktober kedepan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *