Mengenal Tradisi Paskhas TNI AU yang Buka Acara Lewat Dentuman TNT

Posted on

Dentuman keras yang didengar dari Jakarta Timur sampai Jakarta Selatan rupanya datang dari TNT di acara adat Paskhas TNI AU. DentumanTNT ini jadi adat Paskhas TNI AU saat akan buka acara. DentumanTNT alias Trinitrotoluene sudah jadi adat Paskhas TNI saat buka satu acara atau simulasi. Pada 5 April 2018. Diambil dari situs tni-au.mil.id suara letusan serta dentuman TNT menggelegar di siang hari di Tempat Gagalyon Komando 465 Paskhas/Brajamusti. Waktu itu beberapa prajurit Gagalyon Komando 465 Paskhas yang diperintah Letkol Cocok Nevy D Hutagalung. Sedang melakukan simulasi Operasi Persaingan perebutan. Pengaturan Pangkalan Udara (OP3U) yang disebut salah satunya materi akhir pada uji persiapan operasi unit.

Uji persiapan operasi ini adalah program dari Korpaskhas serta Mabes AU yang dikerjakan teratur tiap tahun untuk lihat seberapa jauh persiapan satuan-satuannya untuk lakukan pekerjaan operasi baik dari sisi kekuatan perseorangan, perangkat lunaknya dan peralatan serta fasilitas prasarana yang dipunyai.

Disamping itu, di tahun 2014 Pangkalan TNI Angkatan Udara Atang Sendjaja menggunakan suara dentuman TNT yang mengadakan untuk buka kode “Manyar Terampil” yang akan berjalan semasa 2 hari dari tanggal 24 s/d tanggal 25 Februari 2014.

Di tahun 2013, suara dentuman menggelegar dibarengi runtutan senjata serta pelepasan sinyal peserta latihan oleh Komandan Wing 1 Lanud Halim Perdanakusuma sempat juga sinyal usainya latihan Rajawali Perkasa (Rajasa) 2013 ke perwakilan semasing komando latihan serta aktor latihan.

Dentuman-dentuman berikut yang didengar oleh masyarakat Jakarta pada 20 September kemarin. TNI AU menjelaskan suara dentuman berasal berbahan peledak trinitrotoluena (TNT) di acara penyambutan prajurit baru Paskhas di Halim Perdanakusuma, Jaktim. Dentuman itu datang dari upacara adat paskhas.

“TNT itu kan nitrogen cuma suara saja, tidak ada dampak perusakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *